Jumat, 23 Agustus 2013

Cara Membuat Aplikasi "Quit Everything App" di Mac OS X

Cara Membuat "Quit Everything App" di Mac OS X - Menutup aplikasi di Mac OS X sedikit merepotkan, apalagi anda telah banyak membuka aplikasi, kemungkinan jika anda ingin menutup aplikasi dengan menekan tombol Command + Q secara berulang untuk menutup setiap aplikasi.

Di Mac OS X ada sebuah aplikasi yang cukup sederhana namanya Automator, namun sangat berguna jika anda ingin menutup semua aplikasi, sesuai dengan namanya "Quit Everything App" hanya dengan 2 klik semua aplikasi yang sedang terbuka atau berjalan akan tertutup, tanpa menggunakan cara lama untuk menutup aplikasi yang ada di Mac OS X anda.

Tapi perlu diingat Aplikasi "Quit Everything App" akan menutup semua aplikasi yang terbuka Mac OS X, jika masih ada aplikasi yang masih ingin anda gunakan sebaiknya jangan gunakan aplikasi ini.

Ada 2 cara untuk membuat Quit Everything App di Mac OS X. Pertama menggunakan Automator dan kedua menggunakan AppleScrtp Editor. untuk artikel kali ini saya hanya menuliskan yang menggunakan Automator, dengan alasan lebih mudah di pahami.

Cara Membuat "Quit Everything App" di Mac OS X


Cara Membuat "Quit Everything App" Menggunakan Automator

Step 1 : Buka "Autormator" yanga ada di /Applications/Utilities/

Step 2 : Kemudia Pilih "Application"


Step 3 : Pada kolom pencarian ketik "QUIT" dan pilih "Quit All Applications" kemudian Drag dan Drop ke kota yang ada di sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.


Step 4 : Tekan Tombol Command + S pada keyboard untuk menyimpan Aplikasi ini, bisa anda berikan nama "Quit Everything" tanpa tanda koma atas.

Step 5 : Setelah tersimpan, anda bisa menemukankanya /Applications/. Anda juga bisa memindahkannya sesuai dengan keinginan anda.

Untuk menggunakan cukup klik 2x aplikasi yang telah di buat di Automator (Quit Everything) tadi, dan semua aplikasi akan tertutup.

Sekarang anda memiliki sebuah aplikasi sederha yang powerfull, dan menghemat waktu anda untuk menutup semua aplikasi yang ada di Mac OS X anda.